Minggu, Maret 15, 2020

Sejarah Kehidupan Muhammad Rasulullah SAW

Tentang Buku Sirah Nabawiyah
Judul Buku          : Sejarah Kehidupan Rasulullah SAW
Penulis                 : Nizar Sa’ad Jabal Lc. M.pd
Penerbit              : Qids Perisai Quran Kids
Halaman              : 154 Hal
Cetakan/Tahun : 7/2016    
           


Buku Sejarah Kehidupan Rasulullah SAW ini adalah buku ke 5 atau buku terakhir dari buku seri Sejarah Nabawiyah yang memaut 25 cerita nabi dan rasullullah. Buku satu hingga 4, sejarah kehidupan nabi Adam AS hingga Isa AS. Buku ke 5 full tentang nabi Muhammad SAW.

Salah satu yang dapat meningkatkan keimanan adalah pelajar dan tahu sejarah  hidup para nabi. Perjalanan hidup para nabi mengandung banyak ibrah (atau pelajaran).

Apa pentingnya mempelajari sejarah Nabi Muhammad SAW?
Sebagai umat muslim wajib hukumnya mencintai Rasulullah SAW. Tapi bagaimana mau cinta jika kenal saja tidak?

Yang saya rasakan sejarah Rasulullah SAW yang diajarkan di sekolah kurang lengkap. Mempelajari sejarah Rasulullah SAW bukan sekedar tahu tapi bagaimana bisa mengambil pelajaran dari kisah hidupnya dan dapat menumbuhkan akhlak dan norma islam yang agung dan mulia juga menjadi fondasi untuk anak – anak kelak saat dewasa dalam memahami agamanya.



Buku Sejarah Kehidupan Rasulullah SAW ini tidak terlalu tebal tapi komplit menceritakan kehidupan nabi sejak dalam kandungan hingga wafat. Semua momen penting selama perjalanan hidup Rasullullah SAW tertulis di buku ini. Dimulai dari nama lengkap Rasullulah Muhammad SAW dan hubungan nasab (keturunan) Ayah dan Ibunya, yang masih keturunan nasi Ismail AS. Lalu berlanjut pada kisah  Kakek buyut Rasulullah SAW yaitu Hasyim secara singkat.

Seperti bagaimana Rasulullah SAW ditinggal wafat ayahnya sejak dalam kandungan disusul Ibunya saat beliau berumur 6 tahun.


Tanda – tanda kenabian yang dialami Rasulullah SAW sejak masa kecil hingga dewasa belum diangkat menjadi nabi juga diceritakan dalam buku ini seperti kisah bahwa Rasulullah SAW belum pernah menyembah berhala walaupun beliau lahir dan besar dilingkungan penyembah berhala. Beliau selalu dilindungi Allah SWT dari keburukan seperti saat jubahnya tersingkap saat mengangkat batu. Awan yang menaungi sepanjang perjalanan nabi berdagang. Pada setiap beberapa bab di sisipi pelajaran penting yang bisa pembaca ambil dari kisah hidup Rasulullah SAW.

Bahasa dalam buku ini dikemas dalam bahasa yang mudah dipahami anak – anak. Singkat, padat dan berisi.

Lembaran buku berwarna dan agak tebal sementara jilidnya hard cover.

Setelah beberapa bab di sisipi catatan penulis mengenai pelajaran yang bisa diambil dari kisah Rasulullah SAW.

Nah saat membaca buku ini mungkin anak –anak akan terheran – heran karena gambar orang dibuku ini tidak diberi wajah, tanpa mata hidung dan mulut.  Ini bukan buku anak bergambar pertama yang saya miliki yang gambarnya seperti ini, maksud dan tujuan gambar tanpa wajah adalah sebagai bentuk kehati – hatian penulis dan illustrator, karena sebagian ulama berpendapat menggambar manusia yang menyerupai ciptaan Allah swt adalah haram. Kedua, agar anak – anak tidak mengimajinasikan wajah dalam gambar dengan tokoh dalam buku.

Momen – momen penting kenabian seperti pertama kali nabi menerima wahyu, pengusiran dari kota Makkah, perjanjian – perjanjian dengan kaum kafir, peperangan, beberapa sahabat yang terlibat seperti kisah Salman dengan ide membuat parit, Bilal sebagai muadzin pertama, perintah sholat dan perubahan kiblat tertulis dalam buku ini. Momen penting kenabian ini diceritakan secara runut berdasarkan tahun kenabian (tahun sejak diangkat menjadi nabi). Seperti misalnya, perintah salat ketika nabi Isra Miraj terjadi tahun ke 10 kenabian.  Hijrah Nabi SAW dan para sahabat dari Makkah ke Madinah yang menjadi penanda dimulainya tahun hijriah, tahun ke – 14 kenabian.

Dari sini saya bisa menjelaskan pada anak – anak perbedaan penandaan tahun hijriah dan tahun masehi pada anak – anak. Pertanyaan yang saya rasa hampir ditanyakan semua anak ya terutama saat kalender merah karena tahun baru islam.

Setelah penanggalan hijriah, kisah dalam buku ini, merunut pada hijriah. Misal tahun ke – 5 hijriah, terjadi perang parit.

Di dalam buku ini juga diceritakan perang – perang yang terjadi semasa Rasulullah SAW hidup. Apa ga takut membuat kesan tidak baik untuk anak – anak, menceritakan perang? Di sini dijelaskan kok alasan kenapa Rasulullah SAW dan para sahabat angkat senjata. Terjadi karena memang kaun kafir yang selalu memusuhi, mengejar  dan berkeinginan menghabisi Nabi SAW dan para sahabat.


Selengkapnya baca ya bukunya, recommended banget buat anak – anak. Anak – anak di rumah Alhamdulillah antusias dibacakan buku ini walaupun diulang. 

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Good News and Informaton. wifi manage service

Anonim mengatakan...

Good News and Informaton. distributor radiodetection Indonesia

Anonim mengatakan...

Good News and Informaton. sewa genset jogja

Posting Komentar