Senin, Mei 07, 2012

Pregnancy Checklist Book


Judul Buku          : Pregnancy Checklist Book
Penulis                 : Tim Mommiesdaily
Penerbit              : Buah Hati
Tahun                   : Februari 2012 (cetakan ke 2)
Hal                          : 147

Eyecatching dan simpel, sesimpel isi bukunya. Yap, sesuai judulnya Pregnancy Checklist Book, buku ini berisi beberapa hal yang harus di ‘cek’ saat prakonsepsi, masa kehamilan, persalinan, ASI sampai fashion dan beauty. Checklist yang kadang-kadang terlupakan karena dinilai gak penting padahal ternyata cukup penting. Misal, untuk pasangan bekerja, siapa pengasuh baby kelak? Ini harus disepakati lho dan perlu merencanaan kecuali calon mama memutuskan resign setelah melahirkan. Lalu soal pemilihan dokter obgyn. Jangan pilih karena terkenalnya saja, pastikan juga jarak praktiknya dengan tempat tinggal kita tidak terlalu jauh atau mudah terjangkau agar saat menjelang kehamilan atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan mudah menghubunginya. Yang tidak kalah penting tentu soal finansial. Biaya persalinan di cover asuransi? Berapa persen? Jika tidak full di cover siapkan tabungan untuk itu.

Cheklist selama kehamilan dibagi dalam tiga sub bab yaitu trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga. Apa saja yang perlu di checlist? Diantaranya, pemeriksaan rutin kehamilan, pola makan sehat, olahraga, pemilihan nama anak, usg, syukuran (4 atau tujuh bulanan), babymoon – apa sich babymoon?- mempersiapkan kebutuhan baby dan memilih dokter spesialis anak.

Bersiap melahirkan? Sebaiknya survey untuk mencari  rumah bersalin atau RSIA  yang cocok dan sesuai budget. Siapkan metode melahirkan yang akan dipilih, jika normal mungkin water birth bisa jadi pilihan atau metode hypnobirthing atau menggunakan ILA untuk menghilangkan rasa sakit.

Jika posisi baby atau kesehatan mama tidak memungkinkan untuk melahirkan normal dan operasi caesar adalah pilihannya, pastikan RSIA yang dipilih tetap mendukung MID dan ASI eksklusif.

Baby sudah lahir dengan selamat dan sehat. Cari tahu cara merawat tali pusat, memandikan bayi, dan beragam tangisan bayi (bayi mengelurkan tangisan yang berbeda lho untuk keluhan berbeda).

ASI eksklusif untuk mama bekerja? Siapkan stock perahan ASI dan jangan lupa pola makan sehat dengan memperbanyak sayuran. Cara memijat dan memerah ASI biasanya diajarkan perawat setelah baby lahir. Nah, yang tidakk kalah penting TABEL PENYIMPANAN ASIP (hal 110-111) sebaiknya di empel di tempat yang mudah dilihat, pintu kulkas misalnya.

Fashion dan Beauty

Banyak orang sepakat kalau perempuan itu cantik saat hamil, jadi Ma, tetap percaya diri ya walaupun badan gendut. Untuk menambah percaya diri pastikan pakaian dan riasan yang dipakai sesuai.
Selamat menikmati masa hamil dan menanti kehadiran baby J

3 komentar:

BUDI PRASETYO mengatakan...

salam kenal dikunjungan perdana ini buat sahabat bloger yang baik

tokoafandi mengatakan...

info: ada buku diskon, download katalog bisa disini:http://tokoafandi.com/index.php?route=information/information&information_id=10

Outbound Malang mengatakan...

kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

Posting Komentar