Senin, Juli 27, 2015

Mini Ensiklopedia MP-ASI SEHAT



Judul Buku          : Mini Ensiklopedia MP-ASI SEHAT
Penulis                : Tim Admin Homemade Healty Baby Food (HHBF)*
Penerbit              : PandaMedia, imprint Gagas Media
Tahun                 : 2015
Hal                      : 247
ISBN                   : 978-979-780-800-6










Mini Ensiklopedia MP-ASI SEHAT

Banyak para Mama yang kini memasak sendiri makanan pendamping ASI nya alias tidak instan, alasannya agar lebih sehat  karena tidak ada penambahan gula, garam, penyedap rasa (MSG) dan pengawet. Selain itu MP-ASI rumahan juga lebih hemat, bahan mudah di dapat, variatif dan sehat alami.

MP-ASI di kenalkan pada bayi usia 6 bulan setelah lulus ASI ekslusif alasannya karena pada usia ini sistem pencernaan bayi sudah berkembang lebih baik dan siap menerima makanan selain ASI.  Sedangkan pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan agar bayi mendapat gizi sempurna dari ASI yang mengandung imunitas.

Ada beberapa resiko jika bayi di berikan MP-ASI di bawah usia 6 bulan diantaranya terganggunya sistem pencernaan bayi karena sistem pencernaannya belum siap menerima makanan selain ASI. Akibatnya bayi beresiko mengalami konstipasi, kembung dan mual. Pada usia di bawah 6 bulan enzim amilase dan lipase, enzim pemecah karbohidrat dan lemak jumlahnya belum banyak.

WHO merekomendasikan MP-ASI di buat dari makanan sehat alami dan bervariasi untuk memenuhi kriteria gizi seimbang.

kenapa MP-ASI sebaiknya tanpa gula dan garam?  Bayi membutuhkan gula dan garam dalam jumlah sedikit dan itu sudah terpenuhi dari ASI dan sumber makanan MP-ASI seperti sayuran, buah, sumber  karbohidrat lemak dan protein.

Agar MP-ASI tak terasa hambar dan tetap enak tambahkan bumbu dan rempah dalam olahan MP-ASI. Dan sebagai negara tropis, kita patut bersyukur dengan beragamnya bumbu dan rempah yang mudah di dapat. Bumbu dan rempah apa saja, bagaimana takarannya? Apa manfaatnya selain menambah rasa? Semuanya di ulas tuntas di bab Bumbu hal 24 buku ini.
Trend pola makana dengan  food combining mulai merambah MP-ASI. Apakah benar FC bisa diterapkan pada MP-ASI?

Pola FC tidak dianjurkan diterapkan pada anak dan remaja dalam masa pertumbuhan. Karena dalam masa pertumbuhan bayi dan anak memerlukan kebutuhan protein tinggi dan dalam satu porsi harus mengandung nutrisi yang lengkap sesuai rekomendasi panduan MP-Asi WHO.

Namun begitu pola FC dapat di adaptasi berdasarkan pakar gizi Wied Harry. Adaptasi pola FC di terapkan untuk mengenalkan beragam makanan pada bayi secara bertahap (hal 54).
Peralatan untuk mengolah dan membuat MP-ASI dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan yang ada di rumah, pada intinya harus di olah dengan cara sehat dan tingkat kehalusan makanan di sesuaikan usia bayi.

Selain pengolahan yang sehat harus di perhatikan juga cara penyimpanan karena biasanya para Mama membuat MP-ASI untuk beberapa kali makan dengan alasan kepraktisan dan hemat waktu.

Karena sistem percernaan dan reaksi bayi masih sensitif dan rentan terhadap beberapa makanan, makan Ibu sebaiknya mengenal jenis sumber MP-ASI dan kemungkinan reaksinya pada bayi. Misalnya, kapan sebaiknya di kenalkan pada olahan seafood dan kacang-kacangan karena kedua makanan ini paling banyak pemicu alergi pada beberapa bayi. Mengenai  sumber makanan MP-ASI di bahas secara lengkap di bab sumber bahan-bahan MP-ASI hal 100.

Sesuai judulnya sebagai mini ensiklopedia MP-ASI, buku ini berisi panduan lengkap mengenai MP-ASI rumahan, dari pengenalan mengenai MP-ASI yang di rekomendasikan WHO berikut alasannya, fungsi peralatan masak dalam menyiapkan MP-ASI, cara pengolahan, penyimpanan , penyajian dan resep. Yap, di bagian akhir buku ini ada beberapa resep yang bisa di contek. Resepnya bervariasi dan mudah di praktikkan. Tulisan dalam setiap bab di sertai daftar referensi.

Menurut saya kemasan buku ini cukup luxs, kertasnya tebal, mengkilap, gambar dan fotonya berwarna. Ilustrasi bukunya juga menarik. Bagaimanapun menampilan buku alias kalau eye catching, selalu menjadi daya tarik tersendiri untuk semangat membaca bukan?

Recommend buat Moms yang siap atau sedang memberikan MP-ASI rumahan.

ilustrasi dan warna eye catching

*Homemade Healty Baby Food (HHBF) adalah komunitas parenting di dunia maya yang menggunakan basis media sosial facebook. Merupakan komunitas sara sharing apra orangtua dalam membuat makanan sehat untuk putra-putrinya.



7 komentar:

apotek ace maxs mengatakan...

terimakasih infonya mbak

Esti Sulistyawan mengatakan...

wah pengen mbk, babyku bulan dpn mulai MPASI nih, nyoba nyari di gramed ah, thx infonya mbak :)

Dewi Anjani mengatakan...

Halo mba esty, iyaa bukunya lengkap banget. Aku juga beli, belinya di www.tokopedia.com/tokobuku91 harganya lebih murah dari gramed hehe..

Dewi Anjani mengatakan...

Halo mba esty, iyaa bukunya lengkap banget. Aku juga beli, belinya di www.tokopedia.com/tokobuku91 harganya lebih murah dari gramed hehe..

Ila Rizky mengatakan...

baru tahu kehalusan makanannya disesuaikan dengan usia bayi. berarti kalau usia 7 bulan dihalusin sehalus-halusnya ya, mak.

Toko Green World mengatakan...

terimakasih banyak, sangat menarik sekali nih...

Sekolah Bisnis Online mengatakan...

Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami sboplaza.com ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

Poskan Komentar