Sabtu, Oktober 31, 2015

Kami tetap menyayangimu Kelinci Kecil



Judul Buku : Kami Tetap Menyayangimu Kelinci Kecil
Penulis        : Denia Putri Prameswari
Penerbit      : Arkea Books
Tahun          : September 2015
Hal                : 20













Suatu hari si sulung saya pernah bertanya,"Ma, kenapa Abi dan Mommynya Arsel rumahnya beda." Arsel adalah tetangga kami dan teman main si sulung.

"Iya, mereka tinggal tidak serumah."
"Kenapa?"
Ehm. awalnya agak bingung, mau jawab bercerai pasti si sulung nanya lagi. kalau tidak jawab, pasti nanya lagi dan lagi. Sama aja hehhe.
"Mereka bercerai, jadi harus pisah rumah,"
"Kenapa?"
"Mama tidak tahu, mungkin ada masalah dan kita tidak berhak tahu."

Buku ini, yang pertama kali saya bacakan minggu lalu, memberi penjelasan lebih banyak mengenai kata cerai pada si sulung. Dengan bahasa sederhana dan mudah di pahami anak-anak. 

Buku cerita memang media yang sangat baik untuk menyampaikan hal berat pada anak, menjadi mudah dipahami dan menanamkan sikap empati. Bukan tidak mungkin di sekolah, si kecil kita memiliki teman yang orangtuanya bercerai, melalui buku ini, ia jadi tahu bagaimana seharusnya bersikap terhadap temannya.

Tokoh dalam buku ini adalah Kelik si kelinci kecil. Rutinitasnya berubah sejak Ayah dan Ibunya memutuskan bercerai. Begitupun perasaannya, Kelik merasa bingung, sedih, marah, takut dan kadang malu.

Ayah dan Ibu menjelaskan bahwa bercerai artinya Ayah dan Ibu Kelik tidak akan tinggal serumah lagi. Ayah akan pergi dan tinggal di rumah lain, sedangkan Ibu tetap tinggal di rumah ini bersama Kelik.

Setiap hari  pada hari jumat, sabtu dan minggu, Kelik dapat tinggal di rumah Ayahnya. Artinya, Ayah akan tetap menemaninya berenang pada hari minggu, sama seperti sebelum bercerai. Dan Ibu tetap mengajaknya belanja setiap sore.

Pada hari spesial seperti ulang tahun Kelik akan merayakannya bersama Ayah dan Ibu.


Kelik jadi tahu dan merasakan, kasih sayang Ayah dan Ibu tidak berubah sedikitpun meskipun kini mereka bercerai. Seperti kata Ayah dan Ibu, “Kami tetap menyayangimu, Kelik kelinci kecil.”


Sedikit mengenai penulis buku ini;

Denia Putri Prameswari adalah seorang magister psikolog terapan dan kini mengelola sekolah bernama Sekolah Bunga Matahari. mengenainya bisa juga di lihat di www.deniaputri.com.



2 komentar:

Ceri mengatakan...

penasaran pengen baca

Widya Herma mengatakan...

Ceritanya bikin penasaran mbak.

Poskan Komentar