Selasa, Januari 03, 2012

Buku Panduan Keliling Dunia Bersama si Kecil



 
Judul Buku          : Traveling with Tots
Penulis                 : Donna Widjajanto
Penerbit               : Gramedia Pustaka Utama
Tahun                   :2011
Hal                      : 138

Ternyata membawa balita traveling tidak seribet yang saya bayangkan. Hanya saja memang perlu persiapan matang, beda kalau saat kita masih single – persiapan seadanya pun siap berangkat asal dokumen (jika ke luar negeri) lengkap. Bersama balita, persiapan harus dilakukan dengan matang terutama menyangkut kenyamanan. Termasuk kenyamanan pesawat atau alat transport publik lain yang akan kita gunakan saat tiba di tempat tujuan. Tapi yang lebih penting persiapan sebelum berangkat adalah masalah kesehatan si kecil. Cukup sehat dan kuatkankah si kecil  untuk perjalanan jauh?

Kelebihan buku ini dibanding buku sejenis pertama buku  ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis, Donna Widjajanto,  yang kerap berlibur di dalam atau luar negeri bersama balitanya plus para mama lain yang membagikan pengalamannya dibuku ini saat membawa balitanya berlibur. Kelebihan kedua, buku kecil dan tipis ini cukup lengkap menjadi panduan untuk mama papa mengajak berlibur balita  kemanapun alias keliling dunia. Tak perlu bingung jika akan membuat paspor untuk  si kecil, dokumen yang diperlukan plus contoh surat permohonannya bisa dicontek di sini. Begitupun kelengkapan membuat visa. Tapi jangan salah tidak semua negara yang kita (WNI) masuki perlu visa. Negara mana saja yang tidak memerlukan visa dan berapa hari berlakunya bisa ditengok di halaman 35.

Persiapan matang seperti apa yang mama dan papa perlukan jika membawa balita berlibur? Pertama adalah riset terhadap tempat yang akan kita kunjungi. Cukup friendly kah tempat yang akan kita kunjungi untuk si kecil? Adakah restoran yang menyediakan menu khusus untuk anak? Bagaimana transportasi publik si sana, cukup aman dan nyaman kah untuk si kecil? dengan tahu detail tempat yang kita kunjungi memudahkan mama dan papa mempersiapkan kebutuhan si kecil saat tiba di sana. Dan semua informasi itu bisa diperoleh melalui internet. Dan yang tidak kalah penting adalah membuat itinerary perjalanan agar tidak bingung ketika sampai di tempat tujuan. Dengan itinerary juga mama dan papa tak perlu khawatir ketinggalan kereta atau jam terbang pesawat karena keasikan jalan-jalan di musium atau belanja souvenir .

Melakukan perjalanan dengan balita berarti harus siap juga dengan beragam kejutan. Misal, saat ditempat tujuan si kecil sakit demam, diare atau mengalami tantrum. Jika itu yang terjadi yang pertama dilakukan adalah tetap tenang alias jangan panik. Lalu lihat penyebabnya. Semua tip dan trik menghadapi segala kemungkina yang terjadi akibat tingkah si balita yang kadang diluar perkiraan bisa lihat di bab  5 dalam buku ini.

Kelebihan lain dari buku ini adalah layoutnya yang dibuat interaktif dan terkesan santai. Tipis namun padat sehingga bisa dibawa saat berlibur sebagai buku panduan. Ini bukan satu-satunya buku mengenai traveling yang ditulis Donna. Buku sejenis adalah Traveling with Kids yang ditulis Donna bersama Rully Larasati yang bisa melengkapi persiapan berlibur.

Ready to go?! Selamat berlibur....(rs)



2 komentar:

Untje van Wiebs mengatakan...

Yeah ga ribet tapi pusing :p

Rina Susanti Esaputra mengatakan...

sedikit pusing pasti ... hehehe

Poskan Komentar