Rabu, Februari 27, 2013

SUPER MOM


Judul buku    : Stop Jadi Super Mom
Penulis          : Tim Parenting Indonesia
Penerbit         : Dinamika Media Internasional
Tahun                        : November 2012
Hal                  : 122

The choices we make. Keputusan tetap bekerja walaupun sudah memiliki anak tentu bukan tanpa alasan. Alasan yang berbeda untuk setiap mama. Perasaan  bersalah karena tidak mendampingi tumbuh kembang anak dan tidak setiap waktu ada di sampingnya adalah hal wajar. Rasa bersalah yang pada saat tertentu mungkin membuat mama menitikkan air mata. ehm, apakah setiap rasa bersalah akan berakhir menjadi drama menyedihkan? Mama lah pemegang kendali perasaan-perasaan itu. 

Love your Family
Selalu ada solusi dan banyak cara untuk menjadi mama yang baik dengan tetap bekerja. Memanfaatkan setiap waktu yang dimiliki dengan si kecil secara maksimal dan berkualitas adalah salah satu caranya. Rubah ritual pagi yang selalu membuat anda merasa sibuk sekaligus panik menjadi pagi yang menyenangkan caranya, mama harus bangun lebih awal dan menyiapkan sebagian keperluan anak sejak malam.

Dengan siapa si kecil saat mama bekerja? Ditip nenek, baby sitter atau daycare? Apapun pilihan mama, pahami ‘aturannya’ agar kendali tetap berada di tangan mama dan tumbuh kembang si kecil tidak terganggu.

Kesibukan sebagai mama bekerja tidak berarti lepas tangan dari urusan sekolah anak dengan menyerahkan semuanya pada guru sekolah atau guru lesnya. Pahami trik memdampingi anak mengerjakan prnya dan jadilah pusat informasi ketika berada di rumah bagi anak.

Si kecil sakit tidak akan membuat mama terlalu panik jika tahu gejala dan pertolongan pertama pada  beragam penyakit yang khas pada anak-anak. seperti flu batuk pilek, demam, diare, flu singapura, amandel dst. Pada buku ini bisa dilihat di halaman 22. Persaingan kakak adik dan memastikan asupan makanan yang sehat untuk si kecil adalah hal  lain yang di hadapi para mama. Pahami bahwa setiap naka unik dan tidak bisa dibanding-bandingkan. Beri waktu untuk si kakak dan adik dengan porsi sama. Untuk masakan sehat pilih menu yang praktis untuk membuatnya.

Love your career
Isak tangis si kecil setiap kali anda berangkat kerja bukan alasan untuk mama tidak meng up grade kemampuan diri di kantor.  Tetapkan skala prioritas dengan konsisten namun fleksibel. Peta/kuadran penting vs genting manajemen waktu menurut Steven Covey  bisa anda terapkan.

Begitupun sebaliknya, kesibukan kantor bukan alasan untuk tidak memberikan ASI secara maksimal dengan mempelajari tips menyusui dan memerah ASI untuk mama bekerja. Curi waktu agar mama bisa aktif di sekolah si kecil. sesekali menghadiri komite sekolah atau hadir di moment-moment istimewa si kecil di sekolah.

Jangan lupa rehat sejenak dari kesibukan kerja dengan melakukan stretching di meja kerja. Jaga penampilan agar nampak profesional.

Manfaatkan kemajuan teknologi (gadget) untuk mendukung aktivitas mama sebagai seorang mama sekaligus profesional. Gadget apa saya yang wajib dimiliki para mama? 

Love your Life
Dua kesibukan, sebagai mama dan pekerja, membutuhkan mental dan kondisi fisik sempurna. Tingkatkan kebugaran dengan istirahat cukup, konsumsi makanan bergizi dan olahraga. 

Mama ingin menikmati sebuah novel atau menulis blog tanpa interupsi si kecil atau suami, hal yang wajar dan sudah seharusnya mama memiliki waktu  untuk diri sendiri. Tak perlu merasa bersalah. Salah satu kunci kebahagian adalah memiliki waktu untuk diri sendiri.
Mencuri waktu untuk ‘berbulan madu’ kembali adalah kebutuhan. Nonton midnight di bioskop berdua suami atau janji bertemu after office hour untuk makan malam yang romatis.

Buku ini di bagi dalam tiga bab besar yaitu love your family, love your career dan love your life. Tiga bab  yang menggambarkan keseimbangan dan kondisi ideal yang dicapai mama.
Beragam tips untuk mencapai keseimbangan itu ditulis dengan bahas ringan, perpoint  disertai foto full colour yang menarik sehingga tidak membosankan saat di baca. Tips yang ditulis mudah diterapkan karena disesuaikan dengan kondisi mama bekerja. Plus resep menu praktis dan tenpat weekend yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga di Jakarta.

Buku ini banyak diselipi iklan produk yang sesuai kebutuhan keluarga jadi untuk mama yang tidak terbiasa atau merasa terganggu, anggap saja buku ini sebuah majalah.

2 komentar:

Riesta Emy Susanti mengatakan...

sepertinya buku ini menarik...
cocok niy,,karna aku ibu yg bekerja juga...

Rina S Esaputra mengatakan...

buku bagus mba berisi tips2 praktis unt ibu bekerja...btw, terima kasih atas kunjungannya. salam kenal :)

Posting Komentar