Rabu, Februari 12, 2014

Seri Putri Nusantara



Judul Buku          : Nukila, Ratu Pemberani – Seri Putri Nusantara
Penulis                 : Endang Firdaus
Penerbit              : Bentang Belia
Tahun                   : September , 2013
Hal                          : 58
Putri – Putri Nusantara yang Gagah Berani

Azka Zahra putri saya mulai jatuh cinta dan kenal tokoh Barbie dari film Barbie Three Musketer yang dibelikan tantenya. Mulailah Azka ‘terobsesi’ tokoh-tokoh perempuan cantik tapi jagoan.

Setiap diajak ke tokbuk, pasti mencari buku Barbie, sayang kami tidak menemukan buku Barbie dengan karakter yang diinginkan Azka, yang bukan sekedar cantik tapi jagoan heheh.

Dan buku ini saya temukan tidak sengaja. Buku yang menurut saya luar biasa idenya, anak jadi mengenal tokoh perempuan ‘jagoan’ yang real sekaligus jadi kenal sejarah. Walaupun untuk ukuran anak tk seperti Azka masih blank. Waktu saya jelaskan bahwa putri-putri dalam buku ini  dahulu kala ada dan pernah hidup tidak seperti Barbie yang sebenarnya tidak ada alias imajinasi atau boong-boongan.

Ratu Nukila dari Kesultanan Ternate, Maluku Utara jadi pembuka dari lima cerita putri dalam buku ini. Setelah suaminya meninggal karena kelicikan tentara Portugis Ratu Nukila memimpin kerajaan mendampingi putranya yang masih anak-anak, di bawah kepempimpinannya Ratu Nukila berhasil mengusir Portugis dari daerah kekuasaannya, Ternate.

Dari kerajaan Kalingga Jawa Timur, ada Ratu Sima yang terkenal adil dan jujur. Sedangkan dari Buton, Sulawesi Tenggara ada Putri Bulawambona yang berani menaklukan bajak laut. Dua cerita lain putri dari kerajaan Kutai Martapura dan Kerajaan Aceh.


Wort to read untuk di kenalkan pada anak-anak terutama perempuan, kita agar kenal sejarah bangsa dan menumbuhkan sikap berani dan jujur, bukan hanya kenal putri yang sekedar cantik. 

0 komentar:

Posting Komentar