Kamis, Desember 04, 2014

Panduan Kehamilan untuk Muslimah




Judul Buku          : Panduan Kehamilan Muslimah
Penulis                 : Dr. Dr. H. Imam Rasjidi, SpOG(K) Onk
Penerbit              : Noura Books
Tahun                   : 2014 (cetakan ke 2)
Hal                          : 245
ISBN                      : 978-602-9498-38-7

Panduan Kehamilan Muslimah

Kehamilan adalah moment yang ditunggu pasangan suami istri. Bukan sekedar buah dari kasih sayang antara istri dan suami, fitrah ilahiah juga yang menjadikan pasangan suami istri bahagia saat seorang anak hadir dalam keluarga.

Kehamilan adalah proses yang panjang dan berat, jadi sebaiknya dipersiapkan dengan menjaga kesehatan fisik, mental dan membekali diri dengan pengetahuan sistem reproduksi.  Gunanya selain  untuk memudahkan ibu memahami perubahan yang akan dialami selama kehamilan, baik perubahan fisik maupun mental juga agar janin tumbuh sehat.

Kesehatan fisik di jaga dengan memulai pola hidup sehat seperti tidak merokok, olahraga teratur, makanan dan minuman yang dikonsumsi baik dan bergizi dan yang tak kalah penting menghindari stress. Sedangkan kesiapan mental di lakukan dengan cara menyadari sepenuhnya peran baru yang siap di emban yaitu sebagai ibu dan ini tentu akan merubah banyak hal dalam hidup. 
Proses hamil diawali dengan adanya pembuahan (konsepsi), perkembangan janin dalam rahim dan diakhiri dengan lahirnya bayi. Konsepsi terjadi ketika sel telur di buahi sperma, proses ini terjadi beberapa saat setelah melakukan hubungan intim suami istri (hal 2).

Kehamilan di tandai dengan keterlambatan haid dan meningkatnya hormon kehamilan yang bisa di deteksi melalui air urine setelah sekitar 10 hari terlambat menstruasi.

Perubahan fisik dan mental ini biasanya diikuti beragam keluhan, diantaranya pembesaran rahim menyebabkan kram perut. Perut bawah terasa sakit dan sering buang air kecil, akibat peregangan otot rahim dan ligamen penyangga rahim. Pergelangan dan jemari kaki bengkak akibat pembesaran rahim yang menekan pembuluh darah sehingga darah mengumpul di bagian bawah tubuh.

Perkembangan janin dari minggu ke minggu adalah hal menakjubkan. Semuanya terangkum secara dalam bab 3 (hal 39) yang membahas mengenai masa  kehamilan.

Pembentukan sistem pembuluh darah dan sistem saraf diikuti pembentukan organ vital terjadi saat ukuran janin dalam satuan milimeter bisa dikatakan sebagai pembuktian kekuasaan sang pencipta dan sesuai dengan firmanNya yang tertulis dalam AlQur’an

Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Mahasucilah Allah Pencipta yang Paling Baik (QS Al-Mu’minun (23):14)

Buku panduan kehamilan yang di tulis seorang dokter spesialis obstetri dan ginekologi   ini berbeda dengan buku panduang kehamilan pada umumnya. Perbedaan itu terletak pada penulisannya yang dilihat dalam perspektif Islam.

Selain pembahasan secara ilmiah juga dilihat korelasinya dengan dalil AlQur,an , hadits atau pendapat para ulama. Dari mulai adab bersenggama,  pemilihan dokter kandungan laki-laki atau perempuan, perkembangan janin dari minggu keminggu sampai perawatannya.

Dalam agama  Islam, hubungan suami istri bernilai ibadah karena ini adalah jalan halal yang disediakan Allah untuk melampiaskan hasrat biologis insani dan menyambung keturunan Bani Adam. Karena tujuan mulai dan bernilai ibadah, pengetahuan adab hubungan suami istri dalam Islam sangat penting agar menghasilkan keturunan yang baik dan tidak terjebak dalam perilaku seksual yang bertentangan dengan ajaran agama (hal 25). Adab tersebut diantaranya; bersih dan suci, tidak dilakukan saat istri sedang haid, di tempat tertutup dan berdoa.

Perkembangan janin dari minggu ke minggu di bahas cukup detail, pengetahuan ini penting bagi ibu hamil agar dia tahu bagaimana menjaga dan merawat kehamilannya, mengetahui keluhan yang menyertai setiap tahap perkembangan dan mengetahui kapan dan apa stimulasi untuk bayi saat itu.
Pada minggu ke 16, Allah swt meniupkan ruh-Nya, seperti dalam sebuah Hadits “Sesungguhnya tia-tiap kamu di bentuk dalam perut ibunya 40 hari terbentuk nutfah (tetesan air), kemudian menjadi ‘alaqah (segumpal darah) selama 40 hari, kemudian menjadi mudhghoh (segumpal daging) selama 40 hari, kemudian dikirimkan kepadanya malaikat meniupkan ruh.”

Pada sebagain masyarakat pada minggu ini biasanya para orangtua mengadakan selamatan pengajian dan membaca surat Yusuf dan Maryam, dengan harapan anak yang dikandung memiliki kepribadian dan paras yang rupawan seperti Maryam atau Yusuf.

Nutrisi adalah hal penting yang harus di perhatian saat merawat kehamilan, karena nutrisi bukan hanya untuk fisik bayi juga perkembangan otaknya. Nutrisi bukan hanya baik juga halal (bab 3).
Bab 4 dalam buku ini menjelaskan tanda-tanda persalinan dan  informasi beragam cara melahirkan yang dirujuk dokter jika kelahiran normal tidak memungkinkan. Bab 5 dan 6 berisi informasi pasca persalinan yang meliputi perawatan bayi dan perubahan yang terjadi pada ibu.

Berbicara mengenai kelahiran bayi dalam perpektif islam, tidak bisa dilepaskan dari ‘ritual’  menyambut kelahiran bayi yang di perintahkan Allah SWT dan atau dicontohkan Nabi Muhammad saw, seperti akikah, cukur rambut dan khitan. Penjelasan mengenai ini beserta dalil dan hukumnya ada di bab 6. Sayang penjelasan mengenai cukur rambut pada bayi tidak di bahas sama sekali padahal itu adalah salah satu rangkaian menyambut kelahiran bayi yang di perintah dan dicontohkan rasulullah Muhammad saw, yang tujuannya bukan hanya membersihkan kotoran juga menshadaqohkan rambut setelah mengkonversikan beratnya dengan harga emas.

Begitupun penjelasan pada bagian vaksin yang sama sekali tidak disinggung pendapat alim ulama. Karena vaksin masih menjadi pro kontra, dengan memberikan penjelasan yang berimbang, dalil yang pro dan kontra, akan memudahkan para orangtua mengambil keputusan mengenai vaksin ini.
Ditulis dengan berpijak pada perpekstif islam, tentunya bukan hanya membuat ibu hamil paham mengenai kehamilan juga mengajak lebih dekat dengan sang Pencipta. Hubungan spiritual ini berpengaruh sangat positif pada ibu hamil.

Secara keseluruhan, buku ini bisa di jadikan panduan para ibu selama kehamilan karena bahasannya lengkap, informatif dengan bahasa mudah di cerna.


2 komentar:

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Waah, buku ini cocok untuk hadiah sahabat yang sedang hamil neh....

cynthia chaniago mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Poskan Komentar